Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Kenzie di Fototerapi untuk Ketiga Kalinya

March 24, 2012
Sabtu tanggal 17 Maret 2012 kemarin, jadwal Kenzie imunisasi BCG. Jadi, papi, mami, dan Kenzie pergi ke RS. Tapi, dokter yang kita tuju lagi cuti, akhirnya ganti dokter karena niatnya imuniasi.
Begitu masuk ruangan, dokter langsung memeriksa Kenzie. Dokter bilang harus cek darah lagi, karena kuningnya masih terlihat. Akhirnya Kenzie diambil darah untuk kesekian kalinya. Gak tega rasanya liat anak ditusuk jarum kaya gitu. Saya aja yang sudah dewasa selalu merasa kesakitan ketika diambil darah, bagaimana dengan anak bayi.
Setelah hasil tes darah datang, saya melihat nilai bilirubin Kenzie. Bilirubin totalnya 18,5.. Jumlah yang cukup tinggi. Beda satu angka dari tes darah saat Kenzie berusia 7 hari. Dilihat dari hasil tersebut, Kenzie harus disinar biru (fototerapi) lagi. Kali ini double sinar. Penyinaran dilakukan selama 24 jam. Sediiiiih sekali. Untuk ketiga kalinya Kenzie harus di fototerapi. Untuk ketiga kalinya saya harus meninggalkan Kenzie di rumah sakit. Tapi saya harus kuat, saya ga boleh sedih, ini yang terbaik buat Kenzie agar bilirubinnya turun.

Fototerapi yang ketiga kalinya

Setelah 24 jam disinar, Kenzie lagi-lagi diambil darahnya untuk mengetahui jumlah bilirubinnya. Alhamdulillah bilirubinnya sudah normal. Jumlahnya 9,6. Akhirnya Kenzie diizinkan untuk pulang. 
Kulit Kenzie terlihat menghitam, mungkin itu efek dari sinar double yang panas. Gak tega lihat kulitnya yang seperti itu. Sekarang kulit Kenzie sudah kembali ke warna asal.
Sayangnya, kami tidak bisa bertemu dengan dokter yang menangani Kenzie karena pulang pada malam hari. Jadi, kami belum tahu diagnosa dokter mengenai bilirubin Kenzie yang naik turun. Dan yang sangat disayangkan lagi, RS tidak memberikan pelayanan yang bagus. Kami orang tua tidak dihubungi oleh pihak RS untuk memberitahu kami tentang keadaan Kenzie. Tidak seperti RS yang sebelumnya, dokter menelepon kami setiap hari untuk memberi tahu perkembangan Kenzie.
Kenzie harus stop minum ASI untuk sementara waktu. Jadi selama tiga hari Kenzie minum susu formula. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah Kenzie mengalami breastmilk jaundice atau bukan. Sedih sih rasanya ga bisa ngasih ASI buat Kenzie walau cuma 3 hari. Tapi bakal lebih sedih lagi kalo liat mata Kenzie yang masih kuning. Setelah tiga hari, Kenzie harus mimi ASI lagi. Ada kepuasan batin saat menyusui Kenzie. Kulit kami bersentuhan, mata kami saling bertatapan, aaahhh betapa senangnya saya bisa menjadi seorang ibu yang meyusui anaknya.
Hari Sabtu 24 Maret 2012 kami kontrol lagi untuk mengetahui apakah Kenzie sudah sehat atau belum. Alhamdulillah dokter bilang Kenzie sudah sehat dan sudah tidak kuning lagi. Dokter juga sangat sangat menyarankan untuk memberi Kenzie ASI.
Mudah-mudahan ini terkahir kalinya Kenzie harus disinar. Mudah-mudahan bilirubin Kenzie sudah diangka normal. Amin.. 🙂
  1. Mba, blognya berguna bgt…saya sedang mengalaminya…sdh ketiga kali dedek di rawat inap padahal usianya baru 14 hari… Untuk dek kenzie setelah ketiga kali treatment apa sampai bilirubinnya gak naik lg? Tq

  2. setelah fototerapi yang ke3 alhamdulillah sudah tidak kuning sama sekali. Terlihat dari matanya. Untuk nilai bilirubin tidak dicek lagi mbak.. Tapi setelah itu ga pernah kuning lagi.
    semoga dedenya cepat sembuh yaa.. susui terus ya mbak 🙂

  3. mamaAnita
    buat bunda kenzie

    anak sy dah usia 27 hr disinar yg ke2 kali, strlh disinar kuningnya hilang, tp stlh sehari pulang, bagian pipinya masih kuning sdkt. mau tny apa kenzie mengalami hal tsb? (kuning anak sy tdk disertai di matanya

    1. halo mbaak.. waaah dedeknya ngalamin fototerapi juga yaaa.. iyah emang kasian liatna emang jadi berasa gosong ya kulitnya. jadi item.. setelah 1 – 2 bulan kulit Kenzie bersih lagi.. semoga dedeknya ga naik lagi ya bilirubinnya…

  4. Haloo Mbak cantik.. Saya numpang tanya efek dari fototerapinya selain membuat warna kulit jd leboh gelap, juga jadi membuat warna bibir ikut menghitam gak?
    Setelah fototerapi, apakah ada perawatan khusus yang Mbak lakukan untuk memgembalika n warna kulit asli dedek?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *