Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Kaki Bengkak Saat Hamil

December 13, 2011
Source: pregnancyihub.com


Duh.. kaki mulai terasa bengkak dan cepat pegal nih. Dari saat bangun tidur, kaki terasa pegal. Apalagi kalau terlalu banyak berdiri. Selain itu, berat badan bayi dalam perut juga semakin besar, sehingga bunda harus menanggung berat badan bayi. Gak perlu khawatir bunda, ini adalah salah satu keluhan ibu hamil. Bunda gak sendirian kok.

Bengkak pada bagian kaki ibu hamil ini disebut juga dengan edema atau oedema Apa sih penyebab kaki bengkak itu? Berikut penjelasannya yang dikutip dari: http://www.ayahbunda.co.id

Kenapa ibu hamil kakinya bisa bengkak? Perubahan metabolisme tubuh, utamanya pada keseimbangan volumen cairan tubuh. Ketika sedang tidak hamil, volume air yang masuk ke dalam tubuh, kurang lebih sama banyaknya dengan volume yang dikeluarkan. Apabila volume air berlebihan, tubuh otomatis akan mengelurkan dalam bentuk keringat, saat buang air besar dan terutama saat buang air kecil. 



Cara tersebut membuat keseimbangan cairan di dalam tubuh kita akan selalu terjaga. Akan tetapi pada keadaan tertentu, misalnya fungsi ginjal terganggu akibat adanya infeksi, cairan yang berlebih tidak selalu dapat dikeluarkan dengan lancar. Jika ini terjadi, cairan yang berlebihan akan tertimbun dan tersimpan di jaringan-jaringan tubuh. Penimbunan cairan itulah yang nampak sebagai pembengkakan pada jaringan yang mengakumulasi kelebihan air. Itu yang disebut edema atau oedema.




Sesuai sifat air yang rajin mengalir ke tempat yang letaknya lebih rendah, maka jaringan yang menjadi tujuannya adalah bagian-bagian tubuh yang letaknya dibawah. Itulah mengapa tangan dan utamanya kaki paling kerap bengkak pada pagi hari. Sebab saat tidur, proses metabolisma pada sel-sel tubuh akan menghasilkan sejumlah cairan sebagai salah satu hasil “buangan”. Cairan buangan itulah yang akan terkumpul sepanjang malam. Pada pagi harinya, jumlahnya akan cukup berlimpah dan mengakibatkan pembengkakan pada ibu hamil. 

Jika bengkak di kaki berarti edema yang bunda alami termasuk ke dalam edema ringan. Namun, apabila bengkak terjadi di seluruh tubuh sampai alat kelamin pun ikut membengkak, bunda harus segera memeriksakan ke dokter.

Biasanya, saya menghilangkan rasa pegal dan bengkak pada kaki dengan merendam kaki di air hangat yang dicampur dengan garam. Kaki akan terasa hangat dan rileks. Lakukan juga sebelum tidur. Jika rasa pegal dan bengkak terjadi karena Anda terlalu banyak beraktivitas, segerelah untuk beristirahat sebentar. Duduk dan luruskan kaki agar kaki menjadi rileks.

Jangan terlalu kecapean yah bunda, karena badan kita harus menanggung berat badan si bayi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *